Thursday, September 19, 2013

Peningkatan konsumsi air bisa bantu menurunkan berat badan

Di negara dimana makanan dan minuman yang tinggi kalori dan rendah nutrisi berlimpah dan terjangkau harganya, menurunkan berat badan dapat menjadi tantangan. Bagaimana pun, ada cara mudah dan murah untuk membantu menurunkan berat badan yang seringkali kita abaikan selama ini. Meningkatkan konsumsi air harian tidak hanya membantu Anda melepaskan beberapa kg berat badan, ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan badan Anda secara keseluruhan juga.

Air sudah lama diketahui membantu mengurangi berat badan, namun sampai sekarang masih sedikit data ilmiah untuk mendukung teori tersebut. The Children's Hospital Oakland Research Institute baru-baru ini melakukan studi untuk mengeksplorasi dan mencatat data ilmiah untuk membuktikan bahwa air adalah penolong yang sukses untuk menurunkan berat badan. Berat badan dan ukuran tubuh koresponden diambil pada awal penelitian, dan kemudian dicatat ulang setiap 2, 6, dan 12 bulan. Data membuktikan bahwa diet dan latihan, diikuti dengan meningkatkan konsumsi air, membantu wanita menurunkan berat badan.

Studi lain yang dilakukan oleh Children's Hospital Oakland Research Institute, menunjukkan bahwa menggantikan minuman manis berkalori dengan air menghasilkan lebih sedikitnya kalori masuk dan hasilnya meningkatkan kemungkinan turunnya berat badan, yang bertahan sepanjang waktu. Bagaimana pun, penggantian minuman manis berkalori dengan minuman diet non-kalori tidak akan berefek sama karena kalori yang dihindari dengan minuman diet pada akhirnya dikonsumsi pada porsi makan yang lebih besar.

Studi ilmiah terbaru belum sepenuhnya memberikan informasi baru tentang air dan perannya dalam menurunkan berat badan. Sebaliknya, mereka memberikan penjelasan logis yang membuat air sebagai sekutu yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Air bebas kalori dan mengenyangkan. Meminum segelas air sebelum makan akan memenuhi sedikit perut Anda dan meninggalkan sedikit ruang kosong bagi makanan berkalori. Sebagai hasilnya, Anda akan mengkonsumsi sedikit kalori dan masih merasa kenyang.

Sekarang, rahasia sudah Anda pegang. Jika Anda ingin melepaskan beberapa kg berat badan Anda atau butuh bantuan ekstra untuk menjaga berat ideal, tingkatkan konsumsi air harian Anda. Mulai biasakan minum segelas air tiap sebelum makan dan coba gantikan minuman manis berkalori Anda dengan air putih dingin. Ketika Anda merasa sangat ingin memakan camilan, minum air putih, karena terkadang rasa haus disalahartikan oleh otak sebagai rasa lapar. Jika air putih mulai membuat Anda bosan, berikan sedikit rasa dengan menambahkan irisan lemon, jeruk limau, atau ketimun.

No comments:

Post a Comment